Keamanan Lambreta V125 dan V200

Lambretta V125 dan V200 Spesial belum dibekali kunci immobilizer sebagai salah satu fitur keamanan dari tindak kejahatan pencurian. Sebagai ganti untuk melindungi motor dari maling, Lambretta memilih pakai tombol engine cut off sebagai pengaman.

Secara kinerja tombol engine cut off ini tak beda dengan yang biasa diaplikasi pada sepeda motor jernis sport alias batangan. Hanya saja di Lambretta letaknya tersembunyi di dalam dek tengah bagian kanan.

Bentuk engine cut off di Lembretta juga berbeda di motor batangan. Di Lambretta warnanya kuning dengan dua modul, yaitu lock dan unlock. Aplikasinya dengan cara digeser ke atas atau ke bawah.

“Kunci kita masih biasa jadi kita pakai semacam engine cut off. Letaknya tersebunyi di dalam dek. Jadi ya semacam kunci rahasia. Kalau sedang parkir cukup ke posisi lock, motor aman,” kata Adrianus Donny, Marketing Manager PT Skuter Motor Indonesia (SMI), pekan lalu.

Meski begitu Donny tidak menampik immobilizer kini sering jadi rujukan sebagai sistem pengaman yang cukup efektif. Hanya saja dengan cara ini pun, ia yakin Lambretta sudah punya fitur keamanan yang mumpuni. Immobilizer merupakan sistem pendeteksian atau pengenalan kunci.

Ketika kunci yang masuk ke dalam kontak tidak dikenal, maka sistem akan bekerja menggagalkan proses dalam menghidupkan mesin. Di dalam immobilizer terdiri dari berbagai bagian, mulai transponder chip yang ada di kunci, transponder qoil yang menempel pada lubang kunci, transponder key amplifier, transponder key ECU (electronnic control unit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *